Popular Post

Posted by : Farid Ali Syahbana 5 Jun 2014

Cara membuat ayam kentucky

Ayam goreng disukai oleh banyak sekali orang dari berbagai usia dan kalangan. Begitu juga dengan anak anak. Yang paling banyak disukai oleh kebanyakan orang tentang cara menggoreng ayam adalah ayam goreng renyah yang kulitnya begitu bertepung, gurih, renyah, dan kriuk sekali saat digigit.

Seperti yang kita ketahui, ayam seperti itu kita kenal dengan ayam buatan McD atau KFC, atau juga CFC dan restoran restoran cepat saji lainnya yang terkenal dengan sajian ayam ayamnya yang sangat renyah, dan memiliki banyak kriuk atau tepung di kulitnya sehingga anak anak pun suka menyantapnya, disamping dari bumbu ayam itu sendiri yang juga gurih dan lezat. Ternyata, tanpa harus ke restoran cepat saji yang terkenal dengan fast food yang kurang baik bagi kesehatan, kita juga bisa membuat ayam goreng yang kriuk, renyah, dan lezat di rumah tanpa harus mengunjungi restoran fast food. Bagaimanakah caranya?

Berikut ini adalah cara membuat ayam goreng kentucky ala KFC yang renyah, kriuk, dan tentunya lezat dan aman karena tidak mengandung bahan pengawet sedikitpun.

Bahan ayam:

-    ½ kg paha ayam yang telah dicuci bersih
-    Minyak goreng secukupnya
-    1 sdt garam
-    1 sdt lada putih bubuk
-    2 siung bawang putih

Bahan pelapis cair ayam kentucky:

-    1 butir telur ayam kuningnya saja
-    ¼ sdt lada halus
-    ¼ sdt garam
-    ¼ sdt vetsin
-    ¼ sdt baking soda (opsional saja, sebagai perenyah)
-    150 gr tepung terigu
-    150 ml air dingin
-    20 gr tepung maizena

Bahan pelapis kering ayam kentucky:

-    200 gr terigu tinggi protein
-    50 gr maizena
-    ¼ sdt baking soda
-    ¼ sdt kaldu rasa ayam
-    2 siung bawang putih
-    ¼ sdt vetsin

Cara membuat ayam kentucky ala KFC :

1.    Campurkan semua bahan pelapis cair hingga rata dan tambahkan kuning telur sedikit demi sedikit, aduk hingga rata dan masukkan ke lemari es.
2.    Campurkan semua bahan pelapis kering.
3.    Daging ayam paha lumuri dengan garam, bawang putih, lada, dan aduk hingga merata.
4.    Diamkan selama kurang lebih 5 menit agar semua bumbunya terserap.
5.    Gulingkan daging ayam pada pelapis kering hingga semua bagian daging tertutupi tepung. Lalu, celupkan pada pelapis cair.
6.    Setelah itu, gulingkan lagi ke pelapis kering hingga benar benar rata dan tertutup, agak tebal.
7.    Siapkan minyak panas untuk menggoreng
8.    Masak daging ayam yang sudah bertepung ke dalam minyak panas dan goreng hingga matang kecoklatan. Lalu angkat, dan ayam goreng siap dihidangkan

Leave a Reply

Selamat Datang di Blog Sederhana saya :) Silakan kirimkan kritikan dan saran anda yang membangun bagi blog saya ini ke depannya.. Terima Kasih

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Catatan Farid - alisyahbanaf - Powered by alisyahbanaf Blog -Design by Johanes Djoganand Design Editor by Farid Ali Syahbana