Popular Post

Posted by : Farid Ali Syahbana 22 Mar 2014

    Dalam proses tumbuh kembang, masa remaja merupakan peralihan antara masa kanak-kanak ke masa dewasa. Proses ini ditandai dengan pertumbuhan fisik dan pematangan fungsi organ hormonal serta pengaruh lingkungan. Factor-faktor ini berhubungan dengan Kesehatan Reproduksi Remaja yang didefinisikan sebagai sesuatu keadaan kesehatan yang sempurna secara fisik, mental, dan sosial dan bukan semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi.

    Kesehatan reproduksi adalah keadaan kesejahteraan, fisik, mental, dan sosial yang utuh, bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi, serta prosesnya(WHO).
Remaja (Pubertas)

    Diberi penjelasan tentang masalah kesehatan reproduksi yang diawali dengan pemberian pendidikan seks, membantu remaja dalam menghadapi menarche secara fisik, psikis, sosial, dan higienis sanitasinya.

    Beberapa hal yang berhubungan dengan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yaitu pubertas yang   awal masa remaja. Pada masa pubertas terjadi perubahan badaniah yang menandai adanya kemampuan untuk melanjutkan keturunan (reproduksi). Ada yang menyebut pubertas bagai saat pematangan seksual. Perubahan ini disertain perubahan mental dan akan mempengaruhi perilaku umum.

    Perubahan yang orang itu berbeda-beda, karena setiap orang memiliki perbedaan saat kematangan seksual. Biasanya perempuan mengalami pubertas lebih awal pada usia 11-12 tahun, sedangkan laki-laki pada usia 13-15 tahun.
Jenis-jenis penyakit yang menyerang reproduksi remaja antara lain Gonorrhea (GO) berupa penyakit yang disebabkan bakteri Neisseeria gonnorreheae, dengan masa inkubasi 2-10 hari sesudah kuman masuk ke tubuh melalui hubungan seks.

    Sifilis (Raja Singa) adalah penyakit yang disebabkan kuman treponema Pallidum. Masa inkubasi 2-6 minggu. Herpes Genitalis yang disebabkan penyakit yang disebabkan virus herpes simplex, dengan masa inkubasi atau masa tunasnya 4-7 hari sesudah masuk ke tubuh melalui hubungan seks. Trikomoniasis Vaginalis adalah penyakit yang disebabkan oleh sejenis protozoa Trikomonas Vaginalis. Pada umumnya dikeluarkan melalui hubungan seks. Charcroidm, penyebabnya adalah bakteri Haemophilusducrey, dan dikeluarkan melalui hubungan seksual. Berikut adalah Klamida merupakan menular seksual  ini disebabkan oleh Klamida trachomatis. Kondilomaakuminata Genital Warts (HPV) penyebabnya adalah virus Human Paipilloma.

   
Penyakit PMS/HIV yang menyerang kesehatan reproduksi remaja ini disebabkan oleh hubungan seks dengan pasangan yang mengidap HIV, naik melalui vagina, dubur, maupun mulut. Boleh juga lewat jarum suntik dan alat-alat penusuk (tindik, tattoo, cukur kumis/jenggot) yang tercemar HIV. Lewat transfursi darah atau produk darah yang mengandung HIV. Ibu hamil yang mengidap HIV kepada bayi dalam kandungan.

    Cara menanggulangi penyakit  PMS/HIV yang penyerang sistem reproduksi: hindari perbuatan-perbuatan yang beresiko, tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah, berani menolak ajakan yang beresiko tertular PMS atau HIV/AIDS, pilih teman yang berakhlak baik, bagi remaja yang sudah menikah harus saling setia (artinya tidak melakukan hubungan seksual dengan orang lain), dan gunakanlah masa remajamu untuk hal-hal yang bermanfaat.

PENTINGNYA KEBERSIHAN DAN KESEHATAN PRIBADI BAGI REMAJA

    Kebersihan merupakan hal yang penting dalam pencegahan berbagai pengakit infeksi, menjaga kesegaran dan keindahan tubuh. Menjaga kebersihan tubuh sangat penting bagi semua orang terlebih pada remaja dengan banyak aktivitas gerak dan olahraga. Tubuh cepat berkeringat dan debu menempel pada tubuh sehingga perlu dibersihkan dengan segera. Kemungkinan penyakit infeksi yang timbul antara lain: infeksi pencernaan, kulit, tangan, kaki, kuku, dan alat kelamin,
Dengan demikian, kesehatan reproduksi remaja itu sangat berkaitan erat dengan remaja pada saat mereka mengalami masa pubertas. Jika kita tidak bertanggung jawab dengan yang kita lakukan maka akan menyebabkan dampak bagi diri kita di kehidupan mendatang.


PROGRAM-PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

    Permasalahan remaja yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, sering kali berakar dari kurangnya informasi, pemahaman dan kesadaran untuk mencapai keadaan sehat secara reproduksi. Banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan hal ini, mulai dari pemahaman mengenai perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi, pemahaman mengenai proses-proses reproduksi serta dampak dari perilaku yang tidak bertanggung jawab seperti kehamilan tak diinginkan, aborsi, penularan penyakit menular seksual termasuk HIV.
    
    Topik Program Kesehatan Reproduksi Remaja merupakan topik yang perlu diketahui oleh masyarakat khususnya para remaja agar mereka memiliki informasi yang benar mengenai proses reproduksi serta berbagai faktor yang ada disekitarnya. Dengan informasi yang benar, diharapkan remaja memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai proses reproduksi. Dalam hal ini Kesehatan reproduksi remaja adalah suatu kondisi sehat yang menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. Pengertian sehat disini tidak semata-mata berarti bebas penyakit atau bebas dari kecacatan namun juga sehat secara mental serta sosial kultural.

    Informasi Program Kesehatan Remaja ini juga akan memberikan pelayanan informasi tentang Kesehatan Remaja yang dilakukan oleh pemerintah maupun yang diselenggarakan oleh lembaga non pemerintah serta implementasinya di kalangan masyarakat khususnya para remaja.

{ 2 komentar... read them below or Comment }

Selamat Datang di Blog Sederhana saya :) Silakan kirimkan kritikan dan saran anda yang membangun bagi blog saya ini ke depannya.. Terima Kasih

Copyright © Catatan Farid - alisyahbanaf - Powered by alisyahbanaf Blog -Design by Johanes Djoganand Design Editor by Farid Ali Syahbana